SELAMAT DATANG

Sunday, July 22, 2012

reformasi birokrasi baru sebatas administrasi

apa kabar sobat semua...semoga kabar baik selalu bersama sobat bloger semua, kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan kata reformasi, tapi apakah ada yang belum tahu apa arti dara kata reformasi? nah terkadang menurut anggapan masyarakat lapisan bawah ada sebagian orang yang menganggap bahwa reformasi berarti melengserkan jabatan seseorang, padahal bukan itu arti yang sebenarnya, mungkin karena kata reformasi mulai populer sewaktu pak harto lengser sehingga sebagian masyarakat beranggapan bahwa itulah arti kata reformasi. nah arti dari kata reformasi secara umum yaitu perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa.

dan berkaitan dengan reformasi saya tertarik dengan salah satu program pemerintah yang bertujuan membersihkan lembaga dan instansi pemerintah dari segala tindak KKN yaitu reformasi birokrasi, dengan tujuan agar lebih transparan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. namun sejauh ini apakah sobat semua sudah merasakan adanya perubahan yang signifikan atas program pemerintah mengenai reformasibirokrasi tersebut?? sobat sendiri yang bisa menilai dan merasakan langsung.
tapi menurut saya pribadi reformasi birokrasi sejauh ini masih hanya sebatas teori dan adminnistrasi saja maksudnya reformasi yang dilakukan masih sebatas dibidang administrasi yang dibuat dan dilaporkan secara tertulis yang kadang administrasi tertulis bisa saja direkayasa dan tidak sesuai dengan kinerja nyata yang telah dilakukan, belum menyentuh pada perilaku dan kinerja para pelaksana pemerintahan secara nyata. karena hingga sejauh ini pelayanan berbagai instansi masyarakat masih belum memuaskan masyarakat , memang sudah ada perubahan namun masih ditemukan adanya penyimpangan penyimpangan seperti pungutan liar dan berbagai penyimpangan anggaran lainya.
dan reformasi seharusnya lebih menyentuh kepada perubahan sistem kinerja secara menyeluruh hingga ke level bawah, sehingga akan merubah perilaku pegawai secara keseluruhan bukan hanya perubahan secara administrasi saja.dan dari level pimpinanpun terkadang masih ada yang belum menunjukan contoh yang baik, sehingga para bawahanyapun tidak ada kemauan untuk merubah kepada perilaku yang lebih baik.
semoga bermanfaat sob!!!

Artikel Terkait

No comments: