SELAMAT DATANG

Friday, July 13, 2012

budaya barat sudah menjajah negeri kita

tanpa kita sadari dengan seringnya melihat film film barat, lagu lagu barat, dan berbagai budayanya yang sekarang lebih mudah diakses terutama lewat internet, secara perlahan akan merubah kebiasaan kebiasaan kita baik itu dari cara berpakaian, perilaku sehari hari, cara bergaul, dan aktivitas aktivitas lain yang sebenarnya tidak ada gunanya sama sekali.

terkadang karena hanya latah dan ikut ikutan saja sehingga sebagian bangsa kita menelan mentah mentah semua kebiasaan dan kebudayaan barat yang kurang baik tanpa menyaringnya sehingga terjadilah pergeseran pergeseran perilaku dan moral yang tentunya akan membawa kita kepada keterpurukan moral dan yang pasti kerugian besar.
sebenarnya banyak sekali budaya budaya barat yang positif yang patut kita contoh diantaranya kedisiplinan dan kemauan yang tinggi dan kerja keras yang tinggi sehingga akan membuahkan hasil yang positif, namun justru kebanyakan bukan itu yang menjadi contoh, justru hal hal yang negatif yang justru ditiru seperti kebiasaan pesta pesta dan meminum minuman beralkohol, gaya berpakaian dan perilaku dalam berhubungan dengan lawan jenis / pacaran , itu yang justru ditiru.
sehingga budaya kita yang merupakan kekayaan dan aset bangsa justru ditinggalkan dan banyak yang tidak memahami dan menguasai budaya kita sendiri, karena akan dianggap ketinggalan jaman, sungguh kemunduran yang nyata.justru disaat orang orang asing dan para bule tertarik dan mau mempelajari budaya kita justru kita sebagai pemilik budaya banyak yang meninggalkan karena dianggap usang dan ketinggalan jaman. dan jika negeri tetangga kita mengakui salah satu budaya kita, kita baru bereaksi dan marah , lalu salah siapa ini ??
sebenarnya untuk merubah kondisi bangsa kita yang seperti sekarang ini adalah perlunya introspeksi diri dan dan evaluasi diri, selanjutnya setelah kita mengetahui apa saja kelalaian kelalaian yang telah kita lakukan maka baru kita menata kembali dan memperbaiki diri, jika ingin menjadi bangsa yang maju dan dihargai oleh bangsa lain. jika ingin dihargai bangsa lain maka hargailah budaya kita dan segala apa yang kita miliki termasuk produk produk dalam negeri kita harus kita banggakan , maka dengan begitu akan lebih mengembangkan dan memajukan ekonomi kita karena jika kita bangga dan suka dengan produk dalam negeri maka otomatis kita akan membelinya.
namun kebanyakan yang terjadi sekarang adalah belanja barang barang yang berasal dari luar negeri justru lebih bergengsi, sehingga jika memakai produk kita sendiri justru malu dan minder, sungguh memprihatinkan, pemikiran pemikiran yang seperti ini yang harus dirubah karena akan membawa bangsa kita kepada keterpurukan ekonomi, karena lama lama ekonomi bangsa kita akan dikuasai oleh asing, dan kita hanya penumpang saja. apakah anda mau selamanya seperti ini ?

Artikel Terkait

No comments: