SELAMAT DATANG

Sunday, August 5, 2012

jangan ada lagi korban karena zakat

dibulan ramadhan ini kita umat islam disamping melaksanakan ibadah puasa, kita juga sangat dianjurkan untuk lebih sering menyisihkan sebagian harta kita kepada orang lain yang kurang mampu, dan selain memberikan amal sodakoh kita juga berkewajiban membayar zakat.

dan tentu kita masih ingat bahwa ditahun tahun sebelumnya ada kejadian pembagian zakat yang lagi lagi berakhir dengan ricuh dan menimbulkan korban. sungguh memprihatinkan. suatu perbuatan yang mulia berupa pembagian zakat kepada orang orang yang tidak mampu justru akhirnya akan menjadi hal yang kurang mulia jika dilakukan dengan cara yang kurang tertib apalagi sampai menimbulkan korban.
seharusnya kejadian kejadian yang sudah pernah terjadi adalah sebagai salah satu pertimbangan apakah pembagian zakat harus dilakukan dengan cara cara yang justru menimbulkan kericuhan dan korban. alangkah bijaksana dan lebih mulia jika kita langsung menyambangi kerumah rumah orang orang yang tidak mampu dan memberikan langsung kepada penerima, sehingga kemungkinan jatuhnya korban karena berdesakan bisa terhindar, atau dengan solusi lain yaitu percayakan kepada organisasi organisasi yang memang bertugas menangani pembagian zakat. 
jika kita benar benar niat memberikan zakat insyaAllah akan dicatat semua amal perbuatan kita oleh Allah, tanpa harus menyerahkan langsung dengan cara mengumpulkan banyak orang yang justru menimbulkan kericuhan hingga mengakibatkan adanya korban jiwa, itu justru akan menodai niat mulia kita untuk memberikan zakat dan lebih terkesan kepada ria.

Artikel Terkait

No comments: