SELAMAT DATANG

Wednesday, July 4, 2012

Pergeseran Moral dan Perilaku

entah mengapa hingga saat ini saya masih heran, sejak dulu saya sekolah banyak diajarkan baik itu dalam sejarah atau pelajaran lain bahwa sejak nenek moyang kita hingga sekarang , bangsa kita bangsa indonesia sudah dikenal oleh bangsa lain didunia sebagai bangsa yang ramah tamah.
namun hingga perkembangan sampai saat ini sesuai yang saya amati apakah sekarang ini bangsa kita masih sopan, ramah tamah? sepertinya sudah banyak perubahan dan pergesseran pada saat sekarang ini baik itu pergeseran moral, perilaku, maupun kebiasaan sehari hari.
lalu apa faktor faktor yang menyebabkan itu semua terjadi? mari kita bahas satu persatu penyebab atas perubahan semua ini :
  • pemerintah, ya pemerintah kita sangat berpengaruh terhadap semua aktivitas rakyatnya atas kebijakan kebijakan yang diambil, diantaranya kebijakan ekonomi yang saat ini sangat berkembang pesat terutama baraang barang dari luar negeri sudah banyak membanjiri perdagangan dalam negeri kita, lalu mau dikemanakan produk produk dalam negeri kita, banyak yang gulung tikar karena kurang modal dan kalah bersaing. sehingga lama lama bangsa kita justru bangga apabila memakai produk asing, dan justru malu jika memakai produk lokal.
  • teknologi, hal ini sangat berpengaruh sangat besar terhadap perubahan pemikiran bangsa kita karena dengan teknologi kita bisa mengakses informasi apapun didunia ini tanpa batas, sehingga banyak skali dampak negatif yang diakibatkan dan berefek pada perilaku dan moral bangsa kita.
  • jaminan keamanan, hal ini adalah akibat dari kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi yang terkadang justru menimbulkan pengangguran sehingga tingkat kriminalitas meningkat.
nah sebenarnya masih banyak sekali hal hal yang menyebabkan pergeseran moral dan perilaku yang terjadi pada bangsa kita, dan marilah kita mulai memperbaiki dari diri kita masing masing.
mari kita berbagi..!

Artikel Terkait

No comments: