SELAMAT DATANG

Tuesday, July 24, 2012

puasa bukan sekedar menahan lapar

apakah kita sudah benar benar memahami apa itu puasa dan tujuan berpuasa dibulan ramadhan??
mari kita belajar memahami bersama sama dengan melihat realitas dan kebiasaan kebiasaan yang sebenarnya kurang bermanfaat bagi ibadah puasa kita yang dilakukan dibulan puasa, yaitu :

  1. tidur, memang tidur adalah termasuk ibadah dibulan puasa, tapi apakah tidur adalah kegiatan yang utama dibulan puasa? bukan, puasa adalah ibadah untuk membersihkan diri kita dan membangun diri dan jiwa kita agar lebih baik, sehingga puasa tidak untuk tidur dan bermalas malasan, dan pekerjaan dan aktivitas kita sehari hari tetap berjalan, dan kita alangkah baiknya mengisi waktu luang kita untuk sholat sunah disamping sholat fardhu dan membaca qur'an.
  2. menu berlebihan, banyak sekali ibu ibu yang sibuk memasak sewaktu sore menjelang berbuka puasa dan terkadang menu yang disiapkan tidak seperti hari hari biasa sewaktu tidak dibulan ramadhan, dan anehnya justru lebih banyak belanja yang dikeluarkan, padahal logikanya jika kita tidak puasa justru waktu makan kita lebih banyak, namun terkadang ada yang justru dibulan puasa yang waktu makan kita hanya dimalam hari menyediakan menu yang berlebih saat berbuka puasa, padahal hakikat puasa adalah menahan hawa nafsu termasuk nafsu makan, meskipun sudah memasuki waktu berpuka puasa seharusnya menu yang disediakan sewajarnya saja, bukan sebagai ajang balas dendam karena siang harinya tidak makan.
  3. selanjutnya disore hari menjelang waktu buka puasa, banyak para pemuda yang jalan jalan sambil menunggu waktu maghrib. dan saat jalan jalan tersebutpun ada yang tidak berusaha menjaga etika dan menahan nafsu karena mereka berduaan bersama pasanganya dan tak jarang menunjukan kemesraan ditempat umum dan ada juga dengan berpakaian yang minim.
  4. bulan puasa dijadikan ajang mencari untung dan kampanye, itulah yang terjadi, dibulan ramadhan pasti kita melihat beberapa partai politik yang membuat iklan dimedia elektronik tentang bulan ramadhan,tentu dengan harapan menarik simpati rakyat, dan dibidang ekonomi dari level bawah yaitu setiap sore banyak sekali pedagang makanan yang menyediakan berbagai menu dan makanan ringan yang tidak dijualbelikan sewaktu tidak puasa, ini memancing nafsu yang tidak terkendali sehingga ada yang membeli berbagai macam makanan berlebihan untuk berbuka puasa, dan dimedia elektronikpun banyak sekali acara acara dan iklan iklan yang menawarkan berbagai macam makanan yang sangat menarik, dan sungguh menggoda.
inilah yang sering kita lihat dan justru membuat nafsu kita makin tidak terkendali dibulan ramadhan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments: