SELAMAT DATANG

Friday, July 20, 2012

tips agar terhindar dari tindak kriminal

salam sejahtera kepada pembaca semua, tidak terasa ternyata kita sudah mulai memasuki bulan puasa yang merupakan bagi umat islam adalah bulan penuh berkah dan dengan bulan puasa ini semoga kita akan lebih meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah swt, bukan hanya dibulan puasa saja kita meningkatkan ibadah, dan setelah bulan puasa justru kita harus lebih giat lagi, karena sebenarnya bulan puasa adalah berfungsi juga sebagai pengingat agar kita tidak terlalu sibuk dengan urusan dunia, kita juga harus tetap ingat dengan kewajiban kita terhadap Allah swt.

namun dalam pengamatan saya maupun pembaca, kita tahu bahwa setiap menjelang bulan puasa dan lebaran justru sepertinya tindak kriminal cenderung meningkat, sungguh sangat ironis. kita tahu bahwa secara ekonomi jika kita sudah mendekati hari lebaran kebutuhan keluarga kita justru meningkat, ada yang perlu uang untuk mudik, anak yang minta pakaian baru, dan kebutuhan sehari hari lainya yang biasanya jika dalam masa lebaran pasti harga meningkat tajam, sehingga ini menjadi beban bagi orang orang yang memiliki kondisi ekonomi pas pasan, sehingga jika tidak disertai dengan iman yang kuta maka justru akan melakukan hal hal yang dilarang agama dan melanggar hukum, sehingga tidak lagi memikirkan ibadah dan kewajiban berpuasa.
dan dibawah ini saya akan memberikan tips agar terhindar dari tindak kriminal jika kita bepergian maupun berada dikeramaian atau tempat rawan, antara lain:
  1. hindari penampilan yang mencolok, dengan penampilan yang mencolok seperti memakai perhiasan yang berlebihan atau jika perempuan memakai pakaian yang mengumbar aurat maka ini akan menjadi daya tarik para pelaku kriminal, sehingga lebih baik kita berpenampilan biasa saja sehingga tidak menjadi sasaran pelaku kriminal.
  2. jangan mudah percaya, jika kita sedang berada didalam bus atau terminal atau tempat umum lain pasti terkadang ada seseorang yang iseng mengajak ngobrol, namun anda jangan terlalu asyik dengan obrolan, anda harus tetap waspada dan jangan mudah percaya untuk mengantisipasi barangkali teman ngobrol anda punya niat jahat dengan cara hipnotis, dan ingat jangan tatap matanya.
  3. simpan barang berharga ditempat aman,jangan menyimpan barang anda seperti handphone, uang, atau barang berharga lainya disembarang saku atau tas, simpan disaku yang paling aman dan dalam jangkauan pandangan anda sehingga anda bisa melihat posisi barang anda, dan sisihkan uang receh tersendiri untuk ongkos transport, sehingga dompet anda tidak perlu dikeluarkan.
  4. waspada,waspadai orang orang disekitar anda sehingga jika anda melihat orang yang kira kira mencurigakan lebih baik anda menjauh.
  5.  segera lapor, anda harus memiliki nomor nomor penting kepolisian setempat sehingga apabila terjadi tindak kriminal maka anda dapat segera melaporkan sehingga pelaku lebih cepat tertangkap dan tidak dihakimi oleh massa.
nah itu tips dari saya semoga bermanfaat, dan barangkali dari para pembaca adan tips tambahan monggo silahkan ....

Artikel Terkait

No comments: